Pages

Jumat, 25 Desember 2009

asal usul mengapa garuda menjadi lambang indonesia



lambang garuda indonesia

Garuda adalah makhluk mitologi dari kepercayaan hindu dan buddha. garuda adalah salah satu dewa dalam agama Hindu dan Buddha. Ia merupakan wahana atau kendaraan Dewa Wisnu, salah satu Trimurti atau manifestasi bentuk Tuhan dalam agama Hindu. Garuda digambarkan bertubuh emas, berwajah putih, bersayap merah. Paruh dan sayapnya mirip elang, tetapi tubuhnya seperti manusia. Ukurannya besar sehingga dapat menghalangi matahari.



garuda dalam mitologi


negara thailand juga menjadikan garuda sebagai lambang negara mereka tapi lambang mereka lebih mirip dengan garuda dalam mitologi hindu dan buddha



lambang negara thailand

garuda dalam mitologi adalah seekor burung , setengah manusia setengah burung, wahana Wisnu. Ia adalah raja burung-burung dan merupakan keturunan Kaśyapa dan Winatā, salah seorang putri Dakṣa. Ia musuh bebuyutan para ular, sebuah sifat yang diwarisinya dari ibunya, yang pernah bertengkar dengan sesama istri dan atasannya, yaitu Kadru, ibu para ular.
Sinar Garuda sangat terang sehingga para dewa mengiranya Agni (Dewa Api) dan memujanya. Garuda seringkali dilukiskan memiliki kepala, sayap, ekor dan moncong burung elang, dan tubuh, tangan dan kaki seorang manusia. Mukanya putih, sayapnya merah, dan tubuhnya berwarna keemasan.
Ia memiliki putera bernama Sempati (Sampāti) dan istrinya adalah Unnati atau Wināyakā. Menurut kitab Mahabharata, orang tuanya memberinya kebebasan untuk memangsa manusia, tetapi tidak boleh kaum brahmana. Suatu ketika, ia menelan seorang brahmana dan istrinya. Lalu tenggorokannya terbakar, kemudian ia muntahkan lagi.
Garuda dikatakan pernah mencuri amerta dari para dewa untuk membebaskan ibunya dari cengkeraman Kadru. Kemudian Indra mengetahuinya dan bertempur hebat dengannya. Amerta dapat direbut kembali, tetapi Indra luka parah dan kilatnya (bajra) menjadi rusak.

menurut saya karena orang indonesia dulu memiliki penduduk hindu biddha yg cukup banyak maka sebagian orang indonesia percaya akan kegagahan garuda dan oleh sebab itu garuda dipilih menjadi lambang negara

3 komentar:

  1. Garuda dalam kehidupan sebenarnya identik dengan burung elang jawa atau Spizaetus bartelsi. Coba saja bandingkan. Sangat mirip.

    BalasHapus
  2. Dimas Rizward H4 Juli 2011 12.28

    Menurut sejarah design asli Garuda Pancasila emang bentuknya sangat mirip dengan Garuda di mitologi Hindu dan Buddha. Tapi diubah pada tahun.... saya lupa maaf menjadi lebih bagus tapi design badan menjadi seperti burung berbadan manusia. Namun akhirnya di ubah lagi menjadi Elang Jawa namun tetap bernama "Garuda" karena dulunya memang Garuda

    CMIIW

    BalasHapus
  3. Dimas Rizward H4 Juli 2011 12.59

    Eh maksudnya awalnya sangat mirip dengan burung garuda di agama Hindu dan Buddha

    BalasHapus

Pengikut

Terjemahan